Osteoporosis adalah penyakit tulang yang memiliki ciri khas tertentu seperti kualitas tulang yang rendah, yang disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya dapat menimbulkan kerapuhan tulang. 

     Osteoporosis biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. hampir 1/3 perempuan dan 1/6 laki - laki akan mengalami patah punggul daram hidup mereka. Nah, tentunya kita tidak ingin orang yang kita sayangi atau diri kita sendiri mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang, karena dampaknya akan merugikan diri kita dan orang lain. 

Berikut ada beberapa tips yang dapat saya bagikan bagi anda untuk mencegah osteoporosis :

Tips mencegah osteoporpsis
  1. Banyak mengkonsumsi asupan kalsium.     Banyak mengkonsumsi suplemen kalsium dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan kepadaatan tulang. Maka dari itu usahakan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium seperti : Kacang - kacangan, asparagus, gandum utuh, kacang hijau dan makanan laut seperti ikan salmon dan ikan sarden.
  2. Melakukan olahraga dengan beban.      Olahraga tidak hanya menjadikan badan kita sehat tetapi juga sangat berperan penting dalam pencegahan pengeroposan tulang (osteoporosis). Olahraga dengan beban adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Olahraga beban dapat menjadikan tulang menjadi kuat dan kokoh. Olahraga beban yang dapat mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) seperti angkat besi, push up, back up, lari zig zag, scott jump, dan olahraga lainnya yang berhubungan dengan ketahanan fisik.
  3. Asupan vitamin D.Vitamin D berguna untuk penyerapan kalsium. Untuk itu perbanyak mengkonsumsi makanan dan buah - buahan yang banyak mengandung vitamin D karna akan sangat berguna untuk kepadatan tulang anda. Berjemur dipagi hari juga sangat berguna untuk mencegah pengeroposan tulang karena sinar matahari dapat membantu mengoftimalkan kinerja dari vitamin D.
  4. Hindari rokok, kopi dan alkohol.Rokok, kopi dan alkohol dapat mempercepat proses pengeroposan tulang, jadi hindari mengkonsumsi rokok, kopi dan alkohol.
  5. Hindari minuman yang bersoda.Minuman yang bersoda seperti soft drink dapat pula mempercepat proses pengeroposan tulang karena soda mengandung asam yang dapat menghabiskan kalsium dalam tulang.
  6. Mengkonsumsi sayuran hijau Sayuran biasanya terdari dari dedaunan yang hijau. Daun yang berwarna hijau memiliki banyak kandungan penting seperti mineral dan vitamin yang sangat berguna untuk mennjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Sayuran hijau dapat dijadikan pelindung yang sangat ampuh untuk mencegah pengeroposan tulang(osteoporisis). Brokoli, bayam sawi hijau dan kangkung adalah salah satu sayuran hijau yang dapat membantu mencegah osteoporosis.
  7. Menkonsumsi teh hijau Sebuah penelitian di amerika telah menyatakan bahwa 70 - 85 perempuan yang menkonsumsi teh hijau atau teh biasa akan membantu memberi kepadatan tulang pinggul yang lebih banyak dari pada perempuan yang tidak pernah mengkonsumsi teh hijau atau teh biasa.
Itulah beberapa tips atau cara mencegah pengeroposan tulang(osteoporosis), sebenarnya untuk menjaga tulang agar terhindar dari pengeroposan tulang itu tidak sulit karna TUHAN YANG MAHA ESA telah memberikan makanan alami yang dapat membantu mencegah pengeroposan tulang pada diri kita. Trima kasih telah membaca ......
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

0 Tanggapan

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "TIPS MENCEGAH PENGEROPOSAN TULANG (OSTEOPOROSIS)" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode
 
Top