Darah tinggi (HIPERTENSI) adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri menaik.Hal ini menyebabkan jantung lebih keras untuk memompa darah dan mengedarkannya keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. 

     Darah tinggi merupakan penyakit yang biasa menyerang orang lanjut usia dan sangat membutuhkan kesabaran yang luar biasa untuk mengatasinya. Tekanan darah anda harus sering di kontrol secara rutin agar dapat mengetahui apakah anda mengidap tekanan darah tinggi. Penyakit ini terkadang tidak menimbulkan gejala apapun, tetapi akan sangat mungkin dapat menimbulkan penyakit kronis lainnya seperti stroke dan bisa juga berujung dengan kematian. 

    
Sebelum kita masuk ke cara menurunkan darah tinggi kita bahas dulu apa saja penyebab terjadinya tekanan darah tinggi, langsung saja kita simak :

Fakor penyebab tekanan darah tinggi
  • Faktor keturunan      Tidak hanya corak kulit dan ciri fisik saja yang diwarisi orang tua kita. Jika kedua orang tua anda mengidap tekanan darah tinggi, bisa saja dan kemungkinan besar anda juga akan tertular.
  • Faktor usia  
         Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya menyerang orang lansia. Hal ini dikarenakan sistim kekebalan orang yang lebih tua sudah mulai rapuh karena faktor usia. Hal ini lah yang menyebabkan banyak penyakit yang dapat dengan mudah menyerang orang yang udah lanjut usia.
  • Faktor gender      Pria dan wanita juga memiliki tingkat resiko yang sama. biasanya pada usia 46 - 65 tahun manusia akan rentan terkena penyakit tekanan darah tinggi.
  • Kurang gerak      Orang yang tinggal di kota besar biasnya sangat jarang atau cenderung kurang bergerak. Orang yang bekerja di perusahaan biasanya lebih sering duduk ketimbang jalan - jalan atau menggerakkan badan. Hal ini menyebabkan kelenturan pembuluh darah kita berkurang, di  tambah lagi jika orang tersebut jarang berolahraga, maka akan terjadi penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi.
  • Pola makan      Makanan yang banyak mengandung banyak kalori, lemak dan gula sangat cenderung menyebabkan tekanan darah tinggi, karena jika didalam tubuh kita terdpat banyak kalori dan lemak, hal tersebut akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan meningktnya tekanan darah.dan ini juga termasuk fakta yang sudah diketahui setiap orang bahwa makanan bergaram dapat menahan banyak cairan sehingga dapat meningkatkan tekanannya. Jadi usahakan untuk mengurangi makanan bergaram, berkalori, berlemak dan bergula secara berlebihan.
  • Kelebihan berat badan      BMI yang menunjukkan 25 sampai 30 atau lebih dapat terhitung kelebihan berat badan, hal ini juga dapat menyebabkan anda rentan terkenan penyakit tekanan darah tinggi.
  • Mengkonsumsi alkohol      Alkohal tidak mempunyai kegunaan yang dapat menyebabkan tubuh sehat melainkan akan merusak tubuh anda. mengkonsumsi alkohol dapat merusak kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah kalori jahat yang terdapatv didalam tubuh dan berpotensi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.
  • Stres berlebihan
         Hormon adrenalin dapat meningkat ketika kita stres. Hal ini menyebabkan jantung memompa darah lebih cepat dan otomatis tekanan darah pun menjadi lebih cepat. Hal ini sangat beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi secara cepat.
  • Kondisi dari penyakit lain     Menurut penelitian para ahli orang yang mengidap penyakit apnea tidur sangat beresiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Orang yang mengidap penyakit ini sangat dianjurkan sering berkonsultasi ke dokter agar dapat diperiksa dan terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.
Nah itu lah tadi beberapa penyebab tekanan darah tinggi. sekarang mari kita bahas cara menurunkan tekanan darah tinggi. silahkan di simak :

Tips menurunkan tekanan darah tinggi 

  1. Olahraga secara rutin      Olahraga sangat memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jogging secara rutin daopat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, karena jogging dapat membantu membakar lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh kita, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menguatkan jantung.
  2. Sering mengkonsumsi makanan yang berserat      Makanan yang berserat sangat direkomendasikan dikonsumsi bagi orang yang mengidap penyakit darah tinggi. Contoh makanan yang berserat seperti : Jeruk, apel, pisang dan sayuran hijau.
  3. Mengkonsumsi yogurt     Berdasarkan hasil penelitian para ilmuan yogurt banyak mengandung kalsium yang dapat membuat pembuluh darah menjadi lentur. Hal ini sangat berguna untuk memperlancar sistim peredaran darah.
  4. Mengkonsumsi banyak pisang     Pisang mengandung kalium yang merupakan mineral penting untuk membantu menurunkan tekanan darah serta membantu mengontrol keseimbangan tubuh.
  5. Kurangi makanan yang bergaram     Garam memiliki kandungan yodium yang tinggi yang dapat meningkatkan tekanan darah di arteri. Untuk itu kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dan makanan siap saji.
  6. Mengkonsumsi suplemen potasium     Potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Alpukat, melon, pare, labu sian, labu pirang, lidah buaya, seledri, bawang putih memiliki kadar potasium yang tinggi, jadi sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  7. Atur berat badan      Jika anda memiliki berat badan yang berlebih hal ini akan menyebabkan jantung anda bekerja lebih keras dan membuat tekanan darah meningkat.
  8. Hindari merokok      Rokok memiliki kandungan nikotin yang dapat merangsang tubuh memproduksi adrenalin. Adrenalin dapat membuat jantung berdetak lebih cepat dan menyebabkan jantung bekerja lebih keras, sehingga pembuluh darah juga harus bekerja lebih cepat. Hal ini dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.
     
  9. Hindari kerja lembur
         Lembur dapat mengganggu waktu olahraga anda. Lembur juga dapat mengganggu ana untuk memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Hal ini sangat berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi didalam tubuh.
  10. Jangan tidur mendengkur     Tidur mendengkur dapat menyebabkan anda terkena penyakit apnea sleeping. apnea sleeping merupakan salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi..
  11. Hindari minuman yang mengandung kafein     Minuman baerkafein seperti kopi ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh kita jika berlebihan. Menurut penelitian amerika serikat mengkonsumsi minuman berkafein hingga 500 mg dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi.



Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

0 Tanggapan

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "11 CARA MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI DAN PENYEBABNYA" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode
 
Top