Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan serta menjadi kacang - kacangan kedua terpenting setelah kedelai di indonesia. Tanaman ini adalah salah satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor , voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan dibawah permukaan tanah.
     Sebagian orang ada yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi kacang tanah dapat menimbulkan jerawat. Sebenarnya saya sangat tidak setuju dan percaya, karna yang saya tau kacang tanah memiliki manfaat yang luar biasa tetapi kenapa bisa menimbulkan jerawat. yuk kita buktikan apakah benar kacang tanah dapat menimbulkan jerawat ?? sebelum itu mari kita simak faktor penyebab timbulnya jerawat, ini dia :

Faktor - faktor penyebab jerawat :

  1. Faktor Genetik ataupun Keturunan.
         Apabila keluarga anda merupakan penderita yang nama jerawat pada saat dia muda, maka dimungkinkan yang anda dapat merupakan keturunan genetik orang tua anda.
  2. Aktivitas Hormonal
        Yang dimaksudkan aktivitas hormonal disini pada perubahan yang terjadi pada siklus hormonal seseorang. pada saat seseorang mengalami pebertas atau kedewasaan, produksi hormon sex (lelaki) yang biasa disebut androgens akan bekerja dan dapat menjadi banyak. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya glands( kelenjar minyak ) menjadi bertambah banyak dan sebun (kelenjar minyak ) yg bertambah banyak dan menjadi salah satu faktor penimbul jerawat. pada perempuan yang sedang mengalami menstruasi akan terjadi juga perubahan hormonal yang bisa menimbulkan jerawat.
  3. Kelenjar Minyak yang Terlalu Aktif (Hyperactive sebaceous glands)
          Berlebihan kelenjar minyak dimungkinkan bisa disebabkan karena salah makan atau sudah karna genetik. Banyaknya mengkonsumsi kelenjar minyak makan dapat menyebabkan munculnya kelenjar minyak menjadi lebih banyak, sehingga menyebabkan folikel tersumbat. Hal ini lah yang memicu banyaknya timbul jerawat.
  4. Menumpuknya Sel Kulit Mati (Accumulation of dead skin cells)
         Menumpuknya kulit mati dapat menyebabkan pori pori dan folikel menjadi tersumbat. Hal ini juga dapat menjadi pemicu tumbuhnya jerawat, faktanya kelenjar minyak yang terdapat di kulit, tidak bisa keluar dan menyebabkan timbulnya komedo yang bisa menjadi jerawat jika terlalu parah.
  5. Bakteri di Pori pori kulit
         Bakteri bisa berada dimana mana, tidak terkecuali di dalam pori pori kulit. Bakteri propionibacterium acnes adalah bakteri penyebab timbulnya jerawat.
  6. Terjadi peradangan akibat garukan atau iritasi kulit
  7. Anabolic steroid
  8. Pil KB atau pil pengontrol kelahiran
  9. Tingginya kadar klorin yang terkandung di lungkungan dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
Nah sekarang udah terbuktikan bahwa kacang tanah dapat menimbulkan jerawat. Dilihat dari faktor timbulnya jerawat sangat tidak ada tercantum bahwa kacang tanah dapat menimbulkan jerawat, Jadi jangan takut jika anda ingin mengkonsumsi kacang tanah atau sejenisnya.

Untuk menambah semangat anda untuk mengkonsumsi kacang tanah, nih saya kasih manfaat luar biasa dari kacang tanah, disimak ya :

Manfaat mengkonsumsi kacng tanah 

  1. Membantu meningkatkan kesuburan
  2. Membantu dalam pengaturan gula darah
  3. Membantu mencegah batu empedu
  4. Membantu fight depresi
  5. Memori pengingat meningkat
  6. Membantu meningkatkan power atau energi
  7. Membantu tingkat kolestrol rendah
  8. Membantu terhadap umur penurunan kognitif
  9. Dapat membantu menurunkan berat badan 
Huuh akhirnya terpecahkan juga mitos yang mengatakan kacang tanah dapat menimbulkan jerawat, sekarang tergantung kita mengambil dari sisi positifnya dan menjaga tubuh kita agar terhindr dari segala macam penyakit kulit maupun lainnya. Trima kasih ....

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

0 Tanggapan

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "FAKTA ATAU MITOS KACANG TANAH PENIMBUL JERAWAT" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode
 
Top